Jenius : Aplikasi Tabungan dalam smartphone-mu

whatsapp-image-2017-07-06-at-10-20-32-e1499311323161.jpegSiapa sih yang nggak pernah belanja atau sekedar membayar suatu hal lewat internet? Sepertinya hampir semua orang di Indonesia pernah melakukannya. Mulai dari membayar onlineshop, tiket pesawat, langganan Spotify premium, Smule, game online, dan lain-lain. Tapi pernahkah kamu mau bayar online tapi ternyata harus pakai Kartu Kredit, sedangkan kamu belum punya? Ini pernah aku alami saat membayar beberapa e-commerce.

Pernah terpikir mau apply CC (Kartu Kredit). Tapi sayangnya sampai sekarang nggak coba-coba Apply, karena kata mama “Enak nggeseknya, nggak enak bayarnya”. Selain itu, bunga dan biaya macem-macemnya juga ngeberatin. duh!

Untungnya sekarang nggak perlu repot lagi saat pembayaran e-commerce ataupun bayar-bayar hal lainnya yang dilakukan via Online. Tanggal 8 Juni 2017 lalu aku mencoba membuka akun Jenius, sebuah aplikasi yang dirancang dan dikembangkan untuk membantu masyarakat dalam mengatur life finance secara lebih mudah, cerdas, dan aman melalui smartphone berbasis Android dan iOS. Jenius ini bisa dibilang Tabungan mirip kartu kredit, tapi kartunya kartu debit juga nah lho bingung kan? hahaha. Jenius ini juga sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh BTPN untuk memudahkan &  mengatur macam-macam kebutuhan nasabahnya.  Kurang lebih sih seperti itu lah…

Daftarnya gampang banget, tinggal unduh aplikasi jenius di HPmu. Setelah aku membuka rekening via aplikasi Jenius di android/iOS, besoknya aku ke BTPN Sinaya (harus yang cabang Sinaya ya) untuk aktivasi rekening dan permohonan kartu debit visa. Setelah aktif, kamu bisa melakukan pembayaran online dengan virtual card (e-Card) Jenius yang tersedia di aplikasi. Atau kalau mau nunggu Kartu Debit Visa (m-Card) juga bisa sih, tapi kamu harus menunggu sekitar 14 hari kerja (untuk di luar Jabodetabek).

WhatsApp Image 2017-07-06 at 10.10.32
Dashboard aplikasi Jenius

Fiturnya apa aja sih Jenius ini?

Banyak banget yang tanya tentang fitur Jenius ini, fitur yang pasti ada ya sebagai kartu debit/ATM. Tapi apa lagi selain itu?

  • In & Out : Transaksi di Jenius itu ga pake buku tabungan, karena histori transaksi tersedia secara lengkap di aplikasi Jenius
  • Send It : Biasanya kalau transfer kan butuh nomor rekening, tapi sekarang ga perlu nomor rekening, karengan dengan $Cashtag bisa lebih memudahkan kita untuk saling mengirim uang.
  • Pay Me : Gak perlu drama kalau ada yang berutang dan belum dibalikin. Sekarang kamu bisa kirim permintaan uang menggunakan $Cashtag dan nomor telepon/alamat e-mail dari daftar kontak di smartphone-mu. Cocok banget nih buat yang sering melakukan hutang-piutang wkwkwk
  • Save It : Di Jenius, kamu juga bisa menabung dengan beberapa macam tabungan. Flexi Saver : tabungan setara deposito yang bisa ditarik/disetor sesukamu tanpa terikat periode waktu tertentu. Dream Saver : tabungan yang satu ini mirip sama tabungan berjangka, jadi kamu bisa nabung harian, mingguan, atau bulanan. Kamu juga ga perlu utak-atik tiap mau nabung, karena Penyetoran Dream Saver dilakukan otomatis setiap hari/minggu/bulan sesuai pilihanmu dengan dana yang ditarik dari Saldo Aktif. Maxi Saver : Maksimalkan simpananmu dengan introductory rate 6,25% p.a. dengan pilihan periode dari 1 hingga 12 bulan, tabungan ini nggak bisa diambil sebelum waktu yang kamu tentukan sendiri.
WhatsApp Image 2017-07-06 at 10.10.42
Pilihan Tabungan

Jujur aja sih, aku punya banyak rekening di beberapa bank. Yang satu untuk kebutuhan sehari-hari, trus satunya lagi untuk nabung, satu lagi buat nabung “keinginan”. Nah, di Jenius kamu nggak perlu lagi buka beberapa rekening bank, karena kamu bisa bikin minimal 2 kartu debit (m-Card dan e-Card) sampai 5 kartu debit yang berbeda. kartu ke-3, ke-4, dan ke-5 adalah kartu debit tambahan. kelima-limanya bisa kamu manage lewat 1 aplikasi Jenius di Card Center, mulai dari menentukan limit tarik tunai harian dan limit transaksi harian, mengubah PIN, melacak histori transaksi, bahkan hingga block/unblock kartu.

WhatsApp Image 2017-07-06 at 10.10.34
Card Center

Kartu Debit Jenius bisa jadi “Kartu Kredit”

Sekarang nggak perlu lagi Apply CC dan ditolak lagi, karena kartu debit Jenius ini juga bisa sebagai “Kartu Kredit”. Yup, dengan Visa Debit, kamu bisa membayar segala e-commerce dengan menyantumkan nomor kartu yang ada di kartu debit m-Card ataupun e-Card Jenius. Yang sudah pernah aku lakukan adalah pembayaran Spotify Premium dengan e-Card Jenius (saat itu m-Card belum sampai ke rumah).

WhatsApp Image 2017-07-06 at 10.10.35
e-Card : Kartu Debit Elektronik

Step :

  1. kalau rekening Jenius kamu belum ada duitnya, maka kamu harus transfer dulu ke rekening Jenius kamu. Nomor rekening akan tertera di Profile & Setting.
  2. Setelah transfer, masuk di Card Center. Lalu pilih kartu mana yang akan kamu Top Up. (yang bisa di Topup hanya e-Card dan x-Card/Kartu tambahan)
  3. Setelah Topup, kamu bisa deh pakai kartunya. (untuk bayar e-commerce ataupun pembayaran lainnya)
  4. Untuk m-Card nggak perlu Topup lagi, saldo yang ada di rekening otomatis masuk di m-Card kamu.

Free Transactions

Kalau bicara mesin ATM Bank BTPN ini memang sangat sangat susah dicari, apalagi kalau mau dadakan ambil tunai. Tapi Jenius memberikan kemudahan untuk nasabahnya dengan Free Transactions. Free-nya ini kamu bisa tarik tunai dari ATM Bank apa saja yang berlogo Prima atau ATM Bersama & Transfer ke bank lain melalui aplikasi. Free-nya ini diberi Jatah masing-masing 25x perbulan.

WhatsApp Image 2017-07-06 at 10.10.43

Promo

WhatsApp Image 2017-07-04 at 14.05.03

Promo yang lagi berlangsung saat ini itu pakai kartu debit Visa Jenius dan masukkan kode promo JENIUSGRAB75 bisa dapet potongan 75% (max Rp 25.000). Program Jenius Naik Grab berlaku untuk perjalanan dengan GrabCar, GrabBike dan GrabShare selama periode 3 Juli 2017 – 31 Juli 2017.

Misal : Biaya perjalanan kamu Rp.30.000, dengan diskon 75% kamu cuma bayar Rp.7.500 doang yang langsung di debet dari rekening Jenius.

Cara mendaftarkan kartu Jenius sebagai metode pembayaran juga gampang kok :

1. Buka aplikasi Grab dan pilih GrabPay;

2. Pilih “Add Payment Methods”;

3. Pilih opsi “Credit/Debit Card”;

4. Masukkan nomor kartu debit Jenius (m-Carde-Card dan/atau x-Card), bulan dan tahun kedaluwarsa kartu, serta kode CVV;

5. Pilih opsi “Set as primary” dan kartu debit Jenius sudah berhasil didaftarkan sebagai metode pembayaran Grab.

Promo lainnya ada di sini : https://www.jenius.com/partnership/

WhatsApp Image 2017-07-06 at 10.38.16.jpeg

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s